Photo by joshua yu on Unsplash

Bagaimana Cara Mengatur Ketinggian Lampu Mobil?

Lampu mobil merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki peran penting saat berkendara, terutama pada malam hari dan hujan deras. Guna menunjang visibilitas yang baik pada malam hari, mengatur ketinggian lampu mobil perlu Anda lakukan.

Sebab, penggunaan lampu mobil tidak hanya tentang seberapa terangnya cahaya, tetapi arah cahaya lampu juga perlu diperhatikan. Lantas, bagaimana cara mengatur ketinggian lampu mobil? Simak penjelasannya di bawah ini.

Peranan Lampu Mobil Saat Berkendara

Peran utama lampu mobil saat berkendara yaitu sebagai penerangan. Namun, penggunaan lampu mobil saat ini tidak hanya dinyalakan pada malam hari saja, tetapi saat siang hari juga. Tujuannya untuk menekan potensi kecelakaan lalu lintas.

Kewajiban menyalakan lampu kendaraan pada siang hari tercantum dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 107 Ayat 1 yang berbunyi sebagai berikut, “Pengemudi kendaraan bermotor wajib menyalakan lampu utama kendaraan bermotor yang digunakan di jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu.”

Berdasarkan peraturan tersebut, kewajiban menyalakan lampu mobil tidak hanya malam hari saja sebagai penerangan. Terdapat beberapa peranan lain dari lampu mobil saat berkendara yang dapat AutoFamily simak di bawah ini.

1. Sebagai Penerangan dalam Kondisi Tertentu

Menyalakan lampu dalam kondisi berkabut dan hujan deras dapat memperjelas jarak pandang, sehingga mengemudi pun tetap aman. Jenis lampu yang paling umum digunakan dalam kondisi ini yaitu headlamp. Lampu ini terletak di bagian depan mobil dengan pengaturan lampu dekat dan lampu jauh.

Baca juga: Begini Cara Merawat Lampu LED New Avanza Supaya Awet

2. Sebagai Alat “Komunikasi”

Lampu mobil berperan sebagai alat komunikasi dengan pengendara lain saat Anda hendak menyalip dengan aman. Untuk memberikan kode seperti ini, Anda dapat menyalakan lampu tembak. Tidak hanya kode untuk menyalip, lampu tembak bisa digunakan saat Anda melalui jalanan yang berbelok tajam.

3. Menunjang Keselamatan Berkendara Pada Siang Hari

Menyalakan lampu DRL (daytime running lamp) pada siang hari dapat meningkatkan rasa aman dan nyaman saat berkendara. Lampu DRL merupakan lampu LED yang memiliki daya tahan tinggi. Fungsinya supaya mobil Anda dapat terlihat oleh pengemudi kendaraan lainnya pada siang hari. Pasalnya, intensitas cahaya matahari pada siang hari dapat membuat pandangan pengendara menjadi buram.

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Lampu Mobil yang Buram

4. Sebagai Isyarat Sebelum Berbelok

Supaya tidak membahayakan pengendara lain saat akan berbelok, Anda dapat menyalakan sebuah lampu khusus, yaitu lampu belok atau turn sign up. Lampu belok biasanya berwarna kuning dan akan berkedip saat dinyalakan.

DAPATKAN PROMO MENARIK TOYOTA NEW RUSH DI AUTO2000

Jarak Ideal Sorot Lampu Mobil

Sebelum tahu mencari tahu cara mengatur ketinggian lampu mobil, Anda perlu memahami aturan jarak ideal lampu mobil.

Untuk lampu utama dekat, jarak ideal sorotan lampu adalah sekitar 40 meter ke depan. Sementara jarak ideal sorot lampu utama jauh adalah setidaknya 100 meter ke depan. Ketentuan ini telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2015 tentang Kendaraan.

Selain itu, menurut Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2015 tentang Kendaraan, lampu mobil perlu dipasang pada ketinggian tidak melebihi 1.500 (seribu lima ratus) millimeter dari permukaan jalan dan tidak melebihi 400 (empat ratus) millimeter dari sisi bagian terluar kendaraan.

Cara Mengatur Ketinggian Lampu Mobil

Mengatur ketinggian sorot lampu mobil dilakukan untuk mendapatkan jarak pandang yang cukup ketika berkendara pada malam hari. Posisi lampu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan mengganggu pandangan Anda dan pengendara lain saat berkendara. Sebab itu, Anda perlu mengatur ketinggian lampu mobil dengan tepat. Simak panduannya di bawah ini.

1. Parkirkan Mobil di Tempat yang Rata dan Arahkah Mobil Menghadap Tembok

Melakukan pengaturan arah cahaya lampu ini disarankan dilakukan pada malam hari atau di tempat yang minim cahaya. Langkah pertama, parkirkan mobil di tempat yang rata. Kemudian, pastikan posisi mobil menghadap ke arah tembok yang rata juga. Atur jarak antara mobil dan tembok sekitar 7 hingga 7,5 meter.

2. Nyalakan Lampu Mobil

Langkah selanjutnya yaitu menyalakan lampu mobil ke arah tembok. Lakukan pengukuran antara titik fokus lampu sebelah kanan dan sebelah kiri, apakah memiliki ketinggian yang sama atau tidak.

Namun, kondisinya berbeda apabila arah cahaya lampu terlalu tinggi atau terlalu rendah dan mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara. Untuk itu, Anda dapat mengatur ulang ketinggian lampu tersebut.

3. Atur Ketinggian Lampu

Pengaturan ketinggian lampu mobil yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat dilakukan secara manual. Mengatur ketinggian lampu ini sebaiknya dilakukan oleh mekanik profesional guna menghindari kesalahan yang dapat menyebabkan kerusakan. Anda dapat mengunjungi bengkel resmi Auto2000 terdekat di rumah Anda.

Mengapa Ketinggian Lampu Mobil Tinggi Sebelah?

Pengaturan ketinggian lampu kanan dan kiri mobil dirancang berbeda demi keamanan berkendara. Biasanya lampu kiri diletakkan lima derajat lebih menonjol daripada lampu sebelah kanan. Hal ini dibuat berbeda supaya jangkauan penerangan lebih luas, sehingga pengemudi lebih mudah melihat marka jalan dengan jelas.

Selain itu, ketinggian lampu yang berbeda dapat melindungi Anda dan pengendara lain dari kecelakaan. Lampu kanan diletakkan lebih rendah supaya pengemudi dari arah berlawanan tidak tersorot lampu terlalu tajam. Sebab, setir mobil di Indonesia di desain di sebelah kanan.

Baca juga: Lebih Awet Mana, Lampu LED atau Halogen Konvensional?

Namun, perlu di garis bawahi bahwa perbedaan ini hanya berlaku saat AutoFamily menyetel lampu pada pengaturan low beam. Saat high beam atau sinar jarak jauh, kedua lampu menyala secara proporsional atau simetris.

Meskipun demikian, ketinggian lampu mobil dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, namun tetap mengutamakan sisi keamanan saat berkendara. Untuk mengatur ketinggiannya dapat Anda lakukan di bengkel Auto2000. AutoFamily dapat berkonsultasi dengan tim mekanik secara langsung untuk menentukan ketinggian yang diinginkan.

Segera booking jadwal perawatan mobil Anda melalui Auto2000 Digiroomsekarang juga. Temukan juga informasi seputar Toyota Veloz, mobil MPV impian keluarga Indonesia. Tunggu apalagi, hubungi tim Auto2000 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

 

sumber : https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/mengatur-ketinggian-lampu-mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Website by satriadev.com - Surabaya, Indonesia

Hai,
ada yang bisa
saya bantu?.